(62-21) 27873343 |   belajar@learninghub.id

Workshop Pendaftaran Merek Secara Mandiri Bermanfaat dan Sangat Praktis!

Para pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM dinilai memiliki peran dan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia. UMKM dinilai paling banyak menyerap tenaga kerja dan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dibandingkan dengan usaha besar.

Sensus Ekonomi dari Badan Pusat Statistik pada 2016 menunjukkan besarnya kontribusi UMKM yaitu:  (i) UMKM menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja; (ii) UMKM menyediakan hingga 99 persen dari total lapangan kerja; (iii) UMKM menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional; (iv) UMKM menyumbang 14,17 persen dari total ekspor; dan (v) UMKM menyumbang 58,18 persen dari total investasi.

Untuk meningkatkan daya saing dari UMKM, para pengusaha UMKM dinilai perlu untuk melindungi kekayaan intelektual yang dimiliki, salah satunya adalah merek usaha atau merek dagang. Perlindungan merek sangatlah penting untuk melindungi produk dari para pelaku UMKM dalam menunjang dan menjamin keberlangsungan usaha.

Untuk memfasilitasi kebutuhan pendaftaran merek dari para pengusaha UMKM, ICJR Learning Hub mengadakan Workshop Daring Panduan Pendaftaran Merek Secara Mandiri pada Sabtu dan minggu 26 – 27 Juli 2020. ICJR Learning Hub merancang workshop ini agar para pengusaha UMKM juga mampu mendaftarkan merek usaha atau merek dagangnya secara mandiri dalam sistem pendaftaran Merek di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam workshop – yang menghadirkan Prayudi Setiadharma sebagai mentor – ini, para peserta diberikan pengetahuan mengenai HKI secara umum dan dipandu untuk dapat mendaftarkan mereknya secara mandiri dari mulai pendaftaran dan pembuatan akun sampai dengan monitoring merek yang telah didaftarkan.

Rosa Herlina, salah satu peserta workshop, mengakui bahwa materi dalam workshop sangat berguna dan sangat praktis untuk melakukan pendaftaran merek. Ajeng Gandini, peserta yang lain, juga mengamini pendapat Rosa.

Dedy Dewantoro, Head of Marketing & Community Partnership, menegaskan bahwa ICJR Learning Hub berkomitmen untuk membawa pengetahuan praktis ke masyarakat. Dalam workshop ini, menurutnya, penekanannya adalah agar para peserta workshop dapat langsung melakukan pendaftaran merek secara mandiri. Ia juga menegaskan bahwa acara serupa akan dilakukan beberapa kali dalam sepanjang 2020 ini.

Maju terus UMKM Indonesia

0 responses on "Workshop Pendaftaran Merek Secara Mandiri Bermanfaat dan Sangat Praktis!"

Leave a Message

© 2019 All rights reserved.

Setup Menus in Admin Panel