(62-21) 27873343 |   belajar@learninghub.id

Pesan Bagi Peserta PKPA Angkatan 8: Menjadi Advokat yang Cerdas dan Beretika

Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan ke 8 telah dibuka pada 3 April 2021 dilaksanakan atas kerjasama antara DPN PERADI dan Fakultas Hukum Universitas Islam As-Syafi’iyyah. PKPA ini diikuti berbagai peserta yang datang dari berbagai penjuru Indonesia, bahkan diikuti oleh peserta dari Amerika Serikat.

Dalam acara pembukaan ini, Anggara, Kepala Eksekutif KSI menyatakan bahwa Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) ini diselenggarakan sebagai bagian dan upaya untuk membentuk advokat yang tidak hanya cerdas dan trampil dalam menjalankan profesi advokat namun juga memiliki ketaatan yang tinggi terhadap etika profesi advokat. Karena itu, ia berharap agar seluruh peserta PKPA dapat mengikuti seluruh proses PKPA dengan baik dan tanpa hambatan apapun.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Masduki Ahmad, S.H., M.M., Rektor Universitas Islam As-Syafi’iyyah juga menyampaikan bahwa kerjasama pelaksanaan PKPA bagian dari upaya membangun dan berkontribusi dalam pembangunan hukum di Indonesia khususnya melalui profesi advokat. Ia juga mengingatkan bahwa memasuki profesi advokat, seorang advokat harus paham dengan peraturan perundangan, hak dan kewajiban, dan menjalankan etika dengan baik.

Dr. Masduki Ahmad juga mengingatkan bahwa profesi advokat adalah profesi yang mulia. Pembangunan hukum yang baik membutuhkan peran serta dari berbagai pihak termasuk diantaranya advokat.  Karena itu merintis karir sebagai advokat harus mewarnai pembangunan hukum Indonesia yang juga menjunjung tinggi nilai – nilai kemuliaan atau etika.

Mewakili DPN PERADI, Imam Hidayat, S.H., M.H., Sekjend DPN PERADI menjelaskan bahwa untuk menjadi advokat ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh seorang calon Advokat. PKPA merupakan tahapan pertama untuk menjadi Advokat. Imam juga mengingatkan bahwa Advokat, menurut masyarakat, juga dianggap sebagai ahli hukum karena itu mengikuti PKPA merupakan tahapan yang sangat penting agar kebutuhan hukum dari masyarakat pencari keadilan dapat dipenuhi

Imam juga menambahkan bahwa Advokat dan organisasi advokat berperan dalam menjalankan berbagai fungsi – fungsi Negara. Karena itu Advokat tidak hanya dituntut menjadi benar dan juga bertindak etis karena profesi ini menjalankan juga fungsi – fungsi dari Negara.

0 responses on "Pesan Bagi Peserta PKPA Angkatan 8: Menjadi Advokat yang Cerdas dan Beretika"

Leave a Message

© 2019 ALL RIGHTS RESERVED.

Setup Menus in Admin Panel

seers cmp badge