(62-21) 27873343 |   belajar@learninghub.id

ICJR Learning Hub Berbagi Pengalaman Membangun Sistem Manajemen Pengetahuan di Komnas HAM

Sebagai lembaga Negara yang salah satunya adalah melakukan diseminasi soal hak asasi manusia, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengundang ICJR Learning Hub untuk berbagi pengalaman dalam mengembangkan wahana berbagi pengetahuan.

Aris Wahyudi, Plt. Sekjend Komnas HAM, menjelaskan jika disrupsi teknologi juga membuat Komnas HAM harus memikirkan ulang strategi dan inovasi terkait dengan diseminasi hak asasi manusia secara lebih terstruktur. Salah satu strategi yang akan ditempuh oleh Komnas HAM adalah membangun Human Rights Learning Management System (Sistem Manajemen Pembelajaran HAM).

Untuk membangun HRLMS tersebut, menurut Aris, Komnas HAM sedang menggali berbagai masukan dari beragam pihak  termasuk dengan mengundang ICJR Learning Hub untuk membagikan pengalaman dalam membangun LMS.

Dalam kesempatan tersebut, Anggara, Kepala Eksekutif ICJR Learning Hub, menjelaskan jika penggunaan LMS di ICJR Learning Hub dimulai pada 2019. Pilihan mengembangkan LMS saat itu menurut Anggara dikarenakan adanya ketimpangan pengetahuan antara Jawa – Bali dan Luar Jawa – Bali disamping itu juga LMS dipandang sebagai salah satu solusi untuk melakukan distribusi pengetahuan secara lebih efisien, tutur Anggara.

Dalam membangun LMS, menurut Anggara, saat itu ICJR Learning Hub memulai dengan melakukan pencarian tentang teknologi platform yang dapat digunakan. Ia menjelaskan ada beberapa CMS yang dapat digunakan tanpa harus membangun sendiri. Tak hanya itu, ICJR Learning Hub juga mempelajari tentang bagaimana content delivery di sebaiknya dilakukan.

Anggara juga mengingatkan jika Komnas HAM juga harus memperhatikan infrastruktur pendukung serta memperhatikan sasaran pengguna dari HRLMS yang akan dibangun serta menggali model content delivery yang tepat untuk HRLMS tersebut.

“Hal terpenting dalam mengembangkan LMS adalah Content, produksi content harus tetap dilakukan secara berkesinambungan. Namun content harus diingat adalah kombinasi video, audio, dan teks, tidak semua harus dalam bentuk video” ujar Anggara.

Secara umum, ICJR Learning Hub menyambut baik gagasan HRLMS dari Komnas HAM tersebut. Anggara berharap kehadiran HRLMS nantinya akan memperkaya pengetahuan tentang hak asasi manusia dan juga memperkuat distribusi pengetahuan tentang Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Anggara sendiri berharap upaya Komnas HAM dalam membangun HRLMS dapat menjadi titik tolak penting dalam diseminasi hak asasi manusia berbasis teknologi. Dengan kehadiran HRLMS, Anggara percaya jika upaya diseminasi hak asasi manusia dapat lebih menjangkau berbagai kalangan masyarakat.

“ICJR Learning Hub mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh Komnas HAM dalam mengembangkan HRLMS ini” tutup Anggara.

0 responses on "ICJR Learning Hub Berbagi Pengalaman Membangun Sistem Manajemen Pengetahuan di Komnas HAM"

Leave a Message

© 2019 ALL RIGHTS RESERVED.

Setup Menus in Admin Panel